Menjadi Manager Atau Pelatih Betulan ? Tentu Saja Bisa

Bermain Football Manager kadang membawa fantasi yang "berlebihan" dan membuat terfikir atau tepatnya ber-angan bisa gak sih saya menjadi manager atau pelatih betulan, sambil memandang layar PC dan berharap anda menjadi manager betulan di tim yang baru anda juarai.

Saya sebagai penikmat game Football Manager sejak tahun 2009 ini terkadang terbesit bisa gak saya menjadi manager sebuah klub, menjadi pelatih Real Madrid, atau Barcelona atau tim faforit anda, tak apa, bermimpi bukan lah hal yang di larang, namun walupun muluk terkadang terbersit ah coba saya bisa menjadi pelatih Persikad Depok, mungkin tahun ini sudah lolos ISL, hehe kebetulan penulis bertempat tinggal di depok jadi ambil contoh Persikad hehe.

Lantas apa hubungannya tulisan ini dengan Football Manager, yak banyak salah satunya dari game ini kita di simulasikan melatih sebuah tim, membangun dinasti sendiri, menghayal sebagai penerus Alex Fergusson, bertempramen namun berbakat seperti Jose Mourinho atau mencari bibit wonderkids seperti yang dilakukan Arsene Wenger, jelas mungkin anda termasuk sebagai figur tadi dengan Football Manger lah kita dapat menciptakan Alter Ego kita sendiri, menjadi pelatih terbaik di dunia adalah motivasi, membawa tim menjadi juara adalah tujuan akhir, namun apakah kita bisa menjadi manager betulan ? yak mungkin saja.

Disini saya akan tulis dua orang yang mewujudkan impian dirinya setelah bermain Football Manager hingga menjadi Manager betulan.
Vugar Huseynzade


Pelatih termuda didunia yang menangani klub profesional yakni FC Baku di negara Azerbaijan, dirinya mengaku bermain Football manager sejak tahun 2002, dirinya di tarik menjadi manager karena sang pemilik klub Hafiz Mammadov mengagumi dirinya sebagai orang cerdas, karena basicnya adalah menggeluti ilmu manajemen bisnis di Boston, setelah sebelumnya menjadi assistant manager dari Novruz Azimov dia terpilih menjadi manager betulan pada November 2012, kini FC Baku menjadi klub yang cukup di segani di Arzebaijan.
Ricardo Manneti

Setelah pensiun dari sepakbola profesional tak ada dalam benaknya untuk kembali ke dunia yang telah membesarkan namanya, Ricardo Manneti mantan pemain timnas Namibia merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki Nambia.

Kesadarannya berbalik 180 derajat kala dirinya melihat adik iparnya bermain Football Manager, Manetti tertarik dan merubah segalanya, game ini membuat dirinya berhasrat ingin manjadi manager betulan.

Impiannya kesampaian, dirinya ditawari klub idolanya sejak kecil Windhoek, hebatnya di musim pertama melatih dirinya dapat menjuarai piala Namibia dan membawa klub tersebut menjadi runner up, berkat prestasinya kini dirinya menjabat menjadi pelatih tim nasional Namibia, hebat bukan ?.

Setelah membaca artikel di atas masih ragu kah menjadi manager di klub yang anda ingini ? eh tapi sebelum anda termotivasi lebih mungkin ada baiknya nada membaca kisah dua orang yang senang bermain Football Manager namun gagal menjadi manager di dunia nyata.

John Boileau

John Boileau termotivasi menjadi manager betulan untuk tim besar seperti Middlesborough, dirinya terinspirasi oleh game Football Manager 2005 dimana dia membawa tim Doncaster Rovers, tim antah berantah di Inggris yang iya bawa dari divisi terendah liga Inggris hingga dapat bermain di Liga Champions, dengan modal nekatnya dirinya mengirimkan CV resmi ke Middlesborough yang saat itu memang tengah mencari manager baru.

Meski di dunia nyata dirinya sudah melatih klub betulan meski itu hanya di tingkat junior yaitu melatih ST Pauli U-11 sejak tahun 1999 ini di tolak oleh empunya klub karena yah anda tau sendirilah.

Won Jae Yang

Entah apa yang ada di benak bocah berumur 17 tahun asal korea selatan ini, mengirimkan ratusan email ke Bath City FC dan mengharapkan dirinya dapat menjadi manager klub yang berada di negara inggris tersebut, alhasil dirinya dijadikan bahan lelucon dengan membuat petisi kepada publik dengan wacana " Should Won Jae Yang get the job? Send your thoughts to wonjae@bathcityfc.com." (apakah won jae yang dapatkan pekerjaannya (di klub ini) sampaikan pendapat anda di wonjae@bathcityfc.com) dan menjadi lelucon hingga kini.

Meski begitu ada baiknya jangan mengendurkan semangat untuk menjadi manager betulan, lau pertanyaanya bagaimana kita menjadi pelatih betulan? ada beberapa syarat menjadi pelatih betulan di Indonesia, salah satunya adalah memiliki lisensi kepelatihan resmi dari PSSI. lantas apa saja syarat dan caranya?.

Persiapan utama untuk berkarir sebagai seorang pelatih tentu nya harus mengikuti serangkaian kursus berjenjang dimana disetiap jenjang ada sertifikasi khusus yang bakal melekat dalam diri seorang calon pelatih tadi.

Kursus awal untuk meniti karir sebagai pelatih adalah dengan mengikuti serangkaian kursus kepelatihan untuk mengambil Lisensi D,kursus lisensi D ini ada tahap awal untuk menjadi seorang pelatih,di Inggris ini dikenal juga dengan kursus Level 1, kursus ini sendiri biasanya bersifat Lokal (nasional) kerap di selenggarakan oleh asosiasi sepakbola tiap negara seperti PSSI.

Di Indonesia kursus lisensi D ini banyak di selenggarakan oleh pengurus-pengurus daerah (pengda) PSSI. Lama pendidikan juga berkisar 5-14 hari, dan setelah selesai kursus ini maka peserta akan memperoleh lisensi D Nasional.

Setelah memperoleh sertifikat lisensi D, maka bisa mengikuti jenajng berikut nya,yaitu kursus kepelatihan lisensi C (level 2 kalau di Inggris),kursus ini juga biasa di selenggarakan oleh asosiasi sepak bola suatu negara (nasional) atau bahkan bersifat internasional yang di selenggarakan oleh konfederasi sepakbola tingkat regional (AFC kalau di asia) dimana sertifikatnya di akui oleh FIFA. Peserta yang lulus akan memperoleh status sebagai pelatih lisensi C (nasional atau Internasional).

Pelatih dengan lisensi D dan C sudah bisa untuk melatih klub-klub yang bermain di lower division atau klub-klub amatir,atau juga menjadi asisten pelatih bagi klub-klub profesional.

Untuk merambah menjadi pelatih yang melatih klub profesional maka si pelatih harus mengantungi sertifikat licensi B ( baik nasional maupun internasional) di asia kita kenal dengan nama AFC-B kalau di eropa UEFA-B, kursus untuk mendapat lisensi B ini juga biasa dilakukan oleh asosiasi sepakbola satu negara atau konfederasi sepakbola suatu regional. Dengan sertifikat lisensi B ini kita bisa menanggani satu klub profesional dengan status sebagai pelatih profesional pula.

Setelah memperoleh lisensi B maka si pelatih tadi dapat mengikuti kursus lisensi A, yang juga di selenggarakan oleh asosiasi sepakbola satu negara (PSSI) atau konfederasi sepakbola suatu regional (UEFA,AFC,CAF,dll) status kepelatihan nya pun akan menjadi AFC-A atau PSSI-A (kalau nasional) sama hal nya dengan lisensi B.

Tidak ada perbedaan antara AFC-A dan B dengan UEFA-A dan B, karena sama-sama diakui FIFA sertifikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi sepakbola regional tersebut.

Lisensi A saat ini disaratkan untuk dipakai setiap pelatih kepala klub profesional yang bermain di top league tiap-tiap negara, jadi untuk menjadi pelatih utama di klub-klub ISL, La Liga, Serie A, EPL, UCL, AFC Champions sebuah klub harus punya seorang pelatih utama dengan sertifikasi lisensi A (disarankan yang internasional).

Saat ini sudah banyak pelatih-pelatih asli Indonesia yang berspesifikasi lisensi A,baik internasional maupun nasional, dan disyaratkan oleh PT Liga Indonesia selaku penyelenggara ISL agar semua klub perserta ISL memakai pelatih kepala dengan sertifikasi lisensi A (baik nasional maupun internasional) namun ketika berlaga di kejuaraan antar klub asia (AFC champions league) maka pelatih tersebut harus lah mempunya sertifikasi lisensi A Internasional.

bagaimana ? Kalau merasa memiliki kemampuan tentang meracik strategi sepakbola. Silakan dipikirkan matang-matang dan Daftar!!
Masih ragu kalo anda tidak akan mampu??
Kalau anda jago Game FOOTBALL MANAGER, bisa jadi anda berpotensial menjadi pelatih Top masa depan.

3 Comments

  1. ane juga gara" ini game jadi tertarik jadi manager :D

    ReplyDelete
  2. Game Foot Ball Manager GoalTycoon adalah game football manager baru yang bisa merubah uang virtual menjadi uang yang riil. Ini adalah game browser yang profesional dan pertama kali memungkinkan anda mendapatkan penghasilan dari bermain game. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi www.goaltycoon-indonesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. *** Mau dapat Bonus Euro Tiap Hari Dalam permainan Goaltycoon & Marketglory. ***
    Daftar Menggunakan Referal !!!
    --> http://www.goaltycoon.com/bestfootballgame/siwaexpress
    --> http://www.marketglory.com/strategygame/siwaexpress

    Jika Butuh Bantuan Invite My Pin BB : 52823240

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post