Tips Bermain Football Manager Di Liga Antah berantah Untuk FM 2013


Bermain Football Manager tidak selalu melulu bermain dengan tim-tim besar seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus, Bayern Munich dan tim besar lainnya karena akan lebih mudah mendapatkan juara bahkan mungkin semusim bisa mendapatkan 5 gelar sekaligus saya rasa bermain fm seperti itu cepat atau lambat akan terlalu cepat bosan, dahulu saya sering memainkan FM dengan Juventus di awal-awal saya bermain FM yaitu FM 2009 dan saat saya bermain FM 2010 saya mencoba memakai tim gurem seperti Noots County, Newcastle, Atalanta saya menemukan keasyikan sendiri dalam bermain FM  banyaknya pemain junior yang masuk di tim utama lalu menjualnya ke tim besar sehingga ada kesenangan sendiri dalam bermain FM. 

Lower League Management atau melatih tim liga bawah atau dasar atau antah berantah merupakan salah satu keasyikan sendiri dalam bermain FM dan biasanya saya mendaparkan rasa yang “realitas” bayangkan anda melatih Workington sebuah klub yang bermain di divisi paling buncit liga inggris yakni Blue Square Premier North  di FM yang akhirnya merangkak dan bermain di Premier League bersama Mu, City dan kawan kawan  merupakan hal luar biasa yang saya rasakan di mana membangun tim dari antah berantah hingga di segani di dunia, dari yang stadion hanya seperti liga tarkam hingga sebesar wembley, saya rasa hal ini membuat anda semakin penasaaran dan ingin terus bermain hingga mencapai target menjadi tim paling kaya sedunia dan mencetak banyak  pemain bintang.
Sebelumnya berikut adalah beberapa list liga antah berantah di 4 liga besar dunia :
  • Blue Square Premier/North/South
  • Italian Serie C
  • Spanish Segunda B
  • Scottish Third Division

Salah satu tim di Blue Square Premier adalah Workington nah hal hal yang harus anda ketahui jika melatih tim-tim seperti Workington antara lain :
  • Anda hanya memilik jumlah uang transfer dan gaji  yang sedikit (bahkan uang transfer anda bisa 0)
  • Akan sulit untuk mengontrak pemain
  • Setiap tahun skuad tim bakal berubah terus
  • Siap siap ditinggal pemain bintang
  • Siap siap memiliki pemain yang "hate" kepada kepemimpinan anda

Dengan 5 (lima) hal diatas maka akan sulit sekali mencari pemain yang cocok dengan taktik yang kita buat dan susahnya mendapatkan pemain membuat kita lebih banyak mencari pemain gratis, minjam pemain dengan gaji di bayarkan klub lama pemain atau terpaksa memainkan pemain dari u 18 di tim anda. Untuk itu saya akan memberikan sedikit tips agar anda dapat “Survive” bermain di LLM (lower League Management :

Memilih pemain :
Ada beberapa syarat dalam memilih pemain di LLM antara lain :

  • Jangan beli Pemain : tim yang anda pakai adalah tim yang problem keuangannya itu kacau, saya rasa pemain gratis sekelas Adriano yang gak laku di dunia nyatapun akan OGAH main di tim yang anda latih, lebih baik cari pemain yang FREE.
  • Trial dahulu baru kontrak : untuk mendatangkan pemain terlebih dahulu adalah mengtrial pemain yang anda incar lalu liat permainannya di friendly match jika bagus kontrak jika buruk yah tinggal mutual termination tanpa keluar uang sepersen pun.
  • Meminjam pemain dari Parent Club : cara ini cukup ampuh, cari pemain reverse dari Parent tim anda lalu pinjam pemain itu, di jamin anda mendapatkan pemain yang cukup berkelas dengan gaji NOL.
  • Sebisa mungkin cari pemain yang mau di kontrak secara Amatir : artinya pemain yang bermain di tim kita rela main sampai titik darah penghabisan tanpa menagih untuk di bayar.


Mengatur Keuangan :
Masalah keuangan merupakan masalah yang sangat berpengaruh untuk kelangsungan hidup tim, jika anda bermain di liga bawah anda akan merasakan betapa seringnya pemilik klub berganti ganti, dan parahnya mungkin hampir tiap musim selalu begitu, jika tidak percaya coba saja hehe. 
Tapi disini akan saya jelaskan secara detail untuk mengatur keuangan di klub kita dengan beberapa cara berikut antara lain :
  • Tim anda di miliki orang yang sangat miskin atau orang yang pelit : pengalaman saya bermain di liga bawah ini adalah bahwa setiap musim harus ikhlas dan ridho untuk tidak membeli pemain dan harus merelakan mencari pemain yang tak punya klub atau bahkan memakai pemain asli didikan klub.
  • Buang pemain SAMPAH : maksudnya adalah apabila anda tak pernah memainkannya lebih baik di buang karena walau gaji nya kecil tetap saja merusak keuangan tim.
  • Buang pemain Youth SAMPAH : generate FM untuk regen ditim-tim antah berantah sangatlah memperhatinkan baik CA maupun PA nya itu sangat-sangat kacau, untuk itu lebih baik di mutual termination dari pada membuang uang sebanyak 20 sampai 55 euro perminggu untuk tiap satu pemain.
  • Sekali-sekali harus juara atau minimal berbuat hal yang mustahil melebihi ekpetasi board : minimal bergelut di piala liga dengan mencapai posisi yang mustahil di tembus oleh tim-tim antah berantah.


Tips saat pertandingan :
Beberapa kenyataan yang harus di terima jika melatih tim amatir dan antah berantah antara lain :
  • Jangan berharap Cleensheet : kiper anda bukannya De Gea maupun Neuer yang sakti mandraguna, kiper anda mungkin hanya butiran debu dari tim besar yang tak pernah menyentuh karir profesional jadi jangan naif apabila dalam semusim gawang anda bisa kebobolan lebih dari 50 gol.
  • Jangan sering rubah tactic : namanya pemain dengan skill rendah jangan di paksa memakai tactic yang mungkin sukses di klub sebelumnya yang anda latih misalnya anda melatih MU dengan catatan hanya kalah sekali di liga dan berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 10 – 0 di final Liga Champions lalu anda paksa untuk dijadikan default tactic di tim gurem bisa-bisa anda malah yang di bantai 10-0.
  • Role pemain biasanya kurang ampuh: tips nya seimbangkan tim dengan sedikit banyak memainkan pemain sehingga tak canggung

Hal – hal lainnya 
Keunikan bermain di LLM adalah terkadang kita dapat memiliki chairman yang memilik dana melebihi  Sheik Mansour, saya pernah merasakannya ketika awal promosi ke Premier League setelah beberapa tahun lalu masih bermain di league One dan akhirnya saya memiliki skuad yunior terbaik di Inggris mengalahkan akademi MU dan Southampton, banyak pemain Inggris berasal dari klub yang saya latih hingga akhirnya nama saya menjadi legenda dan di abadikan di Stadium setelah melewati tahun 2029 di FM 2010, sungguh pengalaman bermain FM yang Dahsyat.

Jadi apakah anda berani memakai tim lecce yang kini bermain divisi 3 liga italia atau memakai  Vaukhall Motors yang di daulat sebagai tim paling miskin di liga Blue Square Premier  North lalu menjadikannya sebagai tim terkaya di dunia ? saya tunggu gregetnya.

Jika anda ingin lebih greget bisa anda coba Liga inggris antar RT DISINI

Tulisan ini saya kutip dari SINI dengan pengubahan bahasa Indonesia dengan improvisasi sedikit

================================================================
Follow @handyfernandy dan like fans Page BlognyaFootballManager untuk update tentang FM.
================================================================

11 Comments

  1. ane pakek bradford gan..dan skrg ada dpuncak liga premier, walaupun musim k 3 bru sekali juara liga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kudu gitu gan,, sabar,,, itu lah asiknya main di liga bawah,, greget..

      Delete
  2. kalo di indonesia , ada yg berani latih PS freeport ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu pake additional league,, kaya http://www.blognyafootballmanager.com/2013/05/fm-2013-indonesia-database-competition.html di jamin greget gan apa lagi pake ps cirebon

      Delete
  3. Wah bener gan ane juga klo bosen sering maen tim gurem..
    lebih seru & ga bosen di tim gurem

    ReplyDelete
  4. Postingan yang menarik sekali Bang Handy..
    Karena ini tentang tips, mungkin gak ada salahnya kalau gw nambahin berdasar pengalaman ngelatih tim gurem.. oh iya saat ini gw ngelatih Redditch United (Blue Square North) di FM 2008.. ketinggalan jaman ya gw.. maklumlah faktor spek komputer yang butut.. hehe

    - Selain tips diatas, Tips memilih pemain:
    Mengontrak para "mantan bintang". Mereka yang sudah jadi "besi tua" pada umumnya tidak mempunyai klub dan bersedia bermain di kasta rendah Eropa. Meskipun Physical Attributes nya udah "HABIS", Technical dan Mental attributes nya yang masih OK + Jam Terbang luar biasa, jelas sangat berguna di kompetisi se level Blue Square North.
    Meski bukan untuk jangka panjang, menurut gw ada faktor kesenangan tersendiri melihat mereka yang dulunya superstar menjadi bagian dari tim kita meski kini mereka hanya berkompetisi di level gurem.. hehe
    Misal di Reddicth United gw mengontrak legenda Bulgaria, Zlatko Yankov (41 tahun, 77 Caps/4 Goals), Eks pemain timnas Inggris, Andy Sinton (41 tahun, 12 Caps) dan Eks Bintang TimNas Indonesia, Rochy Putiray (37 tahun, 33 Caps/14 Goals). Hasilnya pun tidak mengecewakan, Si Rochy bahkan untuk sementara memuncaki daftar top skorer liga..

    - Mengatur Keuangan
    Bukan rahasia lagi kalau keuangan tim antah berantah berada di titik yang sangat memprihatinkan.. hehe. Namun gw memiliki cara tersendiri untuk menyiasati ini.. Adalah dengan mengadakan friendly match dengan tim yang udah punya nama di Eropa.. Tentunya bukan tim utama melainkan tim cadangan atau U-18 tim2 elit Eropa..
    Misal Barcelona C atau Real Madrid C.. Meski bukan tim utama, animo penonton di level sekelas Blue Square North benar2 meningkat pesat dari yang tadinya hanya 500 an menjadi 5000 an (stadion penuh).. Keuangan pun jadi sehat dgn pendapatan yang luar biasa besar tersebut.. hehe

    Semoga bermanfaat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro,, bener mengontrak mantan pemain bintang,, tapi masalahnya mulai dari fm 2012 agak susah bro kalo ngontrak mantan pemain bintang,, mungkin kkalo fm di bawah fm 2012 masih bisa,, untuk mengatur keuangan juga sering saya pake pas fm 2010,, tapi di atas fm 2010 sulit,, jarang sekali tim sekelas barca maupun madrid mau,, meski itu cuman tim cadangan,, tim dua tingkat di atas liga lebih realitas,, btw,, makasih agan atas komennya :D

      Delete
  5. sama dengan gua walaupun banyak team favorite kesayangan! gua klo FM baik itu Fifa Manager / Football Manager selalu main Team Baru / Team kecil yang persyaratannya : tidak terkenal, terpencil di negaranya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post