Tanya Jawab Seputar FM

Postingan kali ini adalah postingan sesi tanya jawab, so kalo reader punya masalah tentang FM bisa dishare disini, mudah-mudahan bisa dibantu...


  • bagi yang punya ID di KASKUS bisa baca forum/ thread resminya di SINI(untuk fm 2010) dan untuk Fm 2011 bisa di tanya di MARI (insya Allah, dijawab ma master-master disana)
  • Atau bisa nanya juga di http://fmunity.com/ (tapi bikin id juga)
Update : jika ada masalah dan penyelesaiannya
=========================================================================
Update :

  1. Cara mengatasi Crash Dump : BACA DISINI
  2. Cara Pasang Kits, Skin, Facepack Dll : BACA DISINI

SORRY FOR ALL READER KALO GAK BISA JAWAB SEMUA PERTANYAAN......
(harap maklum)
Saya bukan masternya, tapi kalo ada yang saya tahu saya akan beritahu..
so cek terus blog ini...

337 Comments

  1. mau tanya tentang wide play: apa itu move to chanel, hug touchline, cut inside???n kapan di gunakan???

    ReplyDelete
  2. Move into channels : artinya pemain lu bergerak nyari ruang/space di antara defender. Klo dikasih ke striker, dy suka ada di kiri/kanan lapangan buat nerima bola, jadi gak ngendok di tengah terus.

    Hug touchline : artinya pemain sayap lu setiap bawa bola akan berusaha menyisir garis pinggir lapangan meskipun pas dy nerima bolanya dy ada sedikit ke dalem.

    Cut inside : artinya pemain sayap lu bakal nusuk ke dalem kotak penalty. Contoh : Messi and Krisno sering kek gini.

    moga membantu

    ReplyDelete
  3. mastah handy

    tolong iklan kan blog gw di blog lu donk

    http://www.sezo-ku.co.cc/

    ReplyDelete
  4. punya info2 pemain di liga indonesia ga??
    soalnya gw maen liga indonesia..

    ReplyDelete
  5. tanya boss,,kalo misal tiap mau ngesave malah suru masukin discnya itu kenapa ya??apa FM 2010 emang perlu make virtual drive/semacamnya??

    ReplyDelete
  6. @bhe : download http://www.mediafire.com/?wmvmlg3dntm trus di extrack ke C:\Program Files\Sports Interactive\Football Manager 2010 di overwrite kalo mau pake virtual drive baca http://www.kaskus.us/showpost.php?p=203431939&postcount=3

    ReplyDelete
  7. gua pengen naro scout ke asia gitu
    apa gua harus nyari scout yang emang asignment nya asia atau maksain yang ada untuk pindah ke asia ?
    btw id kaskus nya apa gan ?

    ReplyDelete
  8. mw tanya tentang database pemain.

    gmn caranya munculkan pemain tp tdk ngulangin game dr awal??
    soalnya mw transferin javier hernandez ke MU.

    sy udah cek klw new game tu pemain ada. tp stlh neruin game yg lama malah tdk muncul.

    ad cara lain gak??

    ReplyDelete
  9. @anonim Asignment nya kalo asia mending langsung negara aja contohnya negara japan ma korea selatan coz menurut gue pemain asia yang bagus cuma dari sono doang

    ReplyDelete
  10. @win kalo mau transferin javier hernandez kudu maen dari awal bro,, kalo di fm itu setiap new game pasti beda,,

    ReplyDelete
  11. http://www.mediafire.com/?wmvmlg3dntm ini stlh di extrack apkh bs maen fm tanpa cd?klu ngak minta web nya dong (msh newbie)

    ReplyDelete
  12. @fari buka http://www.kaskus.us/showpost.php?p=203431939&postcount=3 nah disitu lengkap banget tutorial tentang mini image

    ReplyDelete
  13. gan mo nanya ni..
    gmn caranya ngilangin, poto2 wajah pemain/pelatih yg fake/regen (poto/gambar yg 3 dimensi ntu)??

    thx y gan!!

    nikki-jgj

    ReplyDelete
  14. sama gan, gw jg pengen ngilangin poto pemain regen...mohon pencerahan..skalian tips make inter untuk musim pertama gan...milito mandul ey...

    ReplyDelete
  15. @anonim kayanya gak bisa deh,, emang sudah dari sana :)

    ReplyDelete
  16. PUMP BALL TO BOX TU APA Y GAN???

    ReplyDelete
  17. pump to ball tu umpan2 panjang langsung ke kotak penalti. biasanya bagus kalo lo punya striker tinggi besar.

    ReplyDelete
  18. mau nanya ne...saya kan da main fm 10 tp masi pake patch yg 10 (yg lama 0
    truz klo mau make patch 10.3 caranya gimana ya.....
    please....tolong ane gan....
    uda coba bbrapa kali tapi tetap aja fm ane jd ga bisa di buka lagi...

    ReplyDelete
  19. anonim : nih ada cracknya download dimari http://www.mediafire.com/?wttzdkczjgm terus di taro di C:\Program Files\Sports Interactive\Football Manager 2010 terus overwrite ganti fm yang lama...

    ReplyDelete
  20. Kalo drop deeper apa ya bro?suwun,,.

    ReplyDelete
  21. Bos, mo nanya kalo pas masuk kepertandingan koq keliahatan ya, gambar jadi bergaris-garis, knapa ya ???

    ReplyDelete
  22. bro, ane kan ngelatih u19 indo yaa.. nah, pas di suruh regis pemain gtuu.. ane kekurangan kiper utk msk u19.. nah, ane ud search kiper nationality indo, age at most 18 dan posisi kiper tp cm dpt 1 doank.. trus ane jd ga bs regis, coz ga ad posisi kiper lg tuh.. any soluiton? thx for the attention.. ^^,

    ReplyDelete
  23. Gimana ya cara nge-tutorin pemain yunior ma seniornya..??

    ReplyDelete
  24. baca postingan saya yang ini ; http://blognyafootballmanager.blogspot.com/2010/06/5-cara-mengembangkan-pemain-muda-di.html

    ReplyDelete
  25. halo bro handy, senangnya baru tahu today klo ada penggila fm hehe, bro kopdar donk kapan2..gmana..

    email gw di corkiano.danielo@yahoo.com

    ReplyDelete
  26. @corkie,, siap ,,, makasih :)

    ReplyDelete
  27. ijin baca n nyimak dulu yah, salam kenal bro.. :)

    ReplyDelete
  28. bro taktik buat team gurem bgusnya apa??

    ReplyDelete
  29. misi gan ane baru aja beli fm 2011 tapi yg versi russia
    pas ane mainin waktu masuk menu ada tulisan "unable to find football manager 20011 disc, please make sure it is in disc" pilihannya retry ato quit
    itu kenapa ya gan?
    ane mohon bantuannya

    ReplyDelete
  30. gan, kasih tips biar finansial klub stabil donk. pajaknya gede bgt nih,, bisa bikin bangkrut.. itu kenapa ya? trus ada juga loan repayment and interest.. ngabisin duit juga tuh. itu juga kenapa ya?? butuh pencerahan nih..
    thx gan..

    ReplyDelete
  31. @mr pramana : hmm itu berarti harus cari cracknya gan
    @lubis : sip nantikan postingan selanjutnya
    @anonim : bertahan aja gan

    ReplyDelete
  32. AC Milan ane bangkrut nih gan, dilanda utang ratusan juta. baru kelar 15 tahun lagi.. gimana caranya ya buat mengganti chairman baru??? hahahaha
    Gan bikin tips buat ngatasi finansial klub kayaknya oke deh, soalnya FM kn ga cuma utek2 di pemain ama pertandingan doank, justru lebih seru kalo bisa bikin finansial klub stabil apalagi jd tim paling kaya..
    ditunggu gan postingan mengenai finansial klubnya..
    [gan kalo punya handbook FM 2011 bagi ya] hehe

    ReplyDelete
  33. Gw mau tanya gan, klo abis nginstal update fm 2011 patch 11.1, pasti main nya harus pake cd kan, cz patch download'an resmi ga ada crack nya, nah, agan2 punya crack nya? biar ga perlu nancepin cd lg klo mau main. Need Help gan..

    ReplyDelete
  34. @lubis pukar : gw gak punya buku, gw banyak baca aja di forum-forum fm, oh ya kalo masalah financial saran gw jangan terlalu banyak beli pemain, mending ngorbitin pemain muda dari u-18,ato nggak beli pemain lokal misalnya main liga inggris ya beli pemain dari inggris

    ReplyDelete
  35. gan, untuk megapack face itu beneran ukurannya segitu y?
    gede bgt bisa smpe 3,5gb ato ane salah y?

    ReplyDelete
  36. iya bener, soalnya hampir 75ribu foto pemain seluruh dunia, jadi wajar kalo besar kalo dimisalkna 1 foto 20 kb tinggal 75000 X 20 aja,

    ReplyDelete
  37. gimana caranya supaya maen fm tanpa dvd soalnya ada bacaan unable to find football manager 20011 disc, please make sure it is in disc tolong bantuan nya ? terima kasih

    ReplyDelete
  38. gan klo untuk logo'' klub ada update-annya gak ya?

    ReplyDelete
  39. baca update blog saya di mari : http://blognyafootballmanager.blogspot.com/2010/11/logo-klub-dan-timnas.html

    ReplyDelete
  40. setelah dipatch dengan v11.1.1 gamenya gak jalan. minta pake dvd asli. ada gak crack buat pacthnya yg v11.1.1

    ReplyDelete
  41. mas handy, gimana caranya di FM 2011 supaya ada penonton di tribunnya ??
    pas saya main ko lapangnya kosonh...hohoo
    mohon di beri pencerahan ,,, okeh !

    ReplyDelete
  42. mo nanya, gimana cara nya biar gambar kostumnya ke load?
    sekalian minta filenya ya.
    makasih

    ReplyDelete
  43. bro cariiin crack buat pacthnya yg v11.1.1

    ReplyDelete
  44. om, blm ada crack 11.1.1 ya:D yang nyari bingung, yg nyariin bingung.. hahaaay

    ReplyDelete
  45. mau nanya ne gan, ane beli fm 2011 versi 11.0 setelah di install udah bisa dimainin tanpa hambatan . tetapi setiap ane save game ada tulisan "unable to find football manager 2011 disc, please make sure it is in the drive" yang mengharuskan ane keluar dari game . kejadian ini hanya terjadi pada saat save game saja padahal discnya sudah dimasukin . mohon bantuannya gan .. sebelumnya ane ucapin terima kasih ^_^

    ReplyDelete
  46. itu pake mini image aja atau kalo belom paham bisa baca di mari http://www.kaskus.us/showthread.php?p=260697074#post260697074

    ReplyDelete
  47. bro sekalian, mau nanya kenapa abis install yang repack kok pas masuk game ada tulisannya no language pack ya?dan langsung keluar ke desktop lagi
    makasih. Tuhan Membalas

    ReplyDelete
  48. bang download fm 2011 gratisan dimana???? jangan yang demo, yang full. thanks ya.pake torrent juga gpp tuh bang. pliissss infox yah...

    ReplyDelete
  49. gan , ada yg berbaik hati ngrimin file facepack FM 2011 gak ? internet ana lemot nih , toloooong y .. kalo ada, silakan kirim file nya k email ana , raka.dhika@yahoo.com

    ReplyDelete
  50. gan gua download megapack metalik and kits and ane pasang and berhasil eh pas ane mau pertandingan kok baju pemain ane dan lawan ane semuanya merah and pas di tampilan di tactik nga bisa di klik icon pemain untuk ngerubah misal nya dari attacker ke pocher............

    mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  51. @anonim : buka http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4974572
    @anonim : download yang ketengan aja di fm-base

    ReplyDelete
  52. gan fm 2011 bisa di instal di windows s7, vista , dll

    ReplyDelete
  53. @anonim : bisa yang penting spec nya kuat gan :)

    ReplyDelete
  54. salam kenal mas,saya alvien. saya mau tanya neh. kemarin saya dapat dvd fm2011 ini trus saya coba instal ke pc,tapi setelah di ekstrak kok ternyata file hail ekstraknya tanpa harus di instal ke pc sudah bisa untuk dimainkan gamenya. saya jadi bingung(maklum nubie neh). trus saya coba update patch terbaru, tapi malah ga bisa, kenapa ya mas? mohon pencerahannya. trims

    ReplyDelete
  55. bro..saya waktu itu main fm 10 lancar biasa aja...pas update patch 10.3 tiba2 kits di halaman taktik hilang smua...tp y ttp bisa main...tp d liat ga enak gitu...trus pas install fm 11 trus install megapack logo n facepack juga...dan ternyata kits di halaman taktik koq tetap hilang ya?trus logo2 timnas smua negara (kec holland) koq ga bisa muncul ya padahal uda install megapack logo lengkap...sama bendera2 kaga muncul termasuk bendera kecil pada waktu new game dan di profil pemain...apakah termasuk crash n dump?mohon pencerahan gan...
    tq

    ReplyDelete
  56. gan , ada ya punya link facepack buat real madrid gk ?

    ReplyDelete
  57. @anonim : cek postingan terbaru saya di http://blognyafootballmanager.blogspot.com/2010/11/facepack-untuk-football-manager-2011_21.html

    ReplyDelete
  58. nemu di kaskus gan hal 361
    scopz
    aktivis kaskus

    UserID: 183160
    Join Date: Jun 2006
    Posts: 639
    scopz tidak memiliki reputasi

    gan nanya dong, ada yang udah download face megapack dari bro argaaa yg http://www.mediafire.com/?jhy4rw9dc2a08 ?
    kalo udah ane bingung bgt abis download semuanya ga bisa diextract, udh coba pake 7zip,winzip,winrar ttp aja error sndiri help gan

    ReplyDelete
  59. GAN ANE UDAH DONLOT SEMUA FILE FACEPACT DARI MEDIAFIRE TAPI NGA BISA DI ZIP DAH PAKE 7ZIP MASI AJAH WRONG PASSWORD MOHON BANTUAN NYA.......2 HARI ANE DONLOAT NYA GAN...................

    ReplyDelete
  60. gan, udah punya FMRTE 2011 beloomm ??
    di share dong .. hahahaa

    ReplyDelete
  61. Mas formasi yg di 2010 (formasi mas handy) apakah masih bisa di pke di 2011. dan sekalian minta link download formasi untuk 2011 nya dunk mas....
    makasih ya...

    ReplyDelete
  62. @ian : silahkan download di mari http://www.fmscout.com/a-FMRTE-for-FM2011.html

    ReplyDelete
  63. @novelino download dimari gan http://www.mediafire.com/?4w741s7l791zi40

    ReplyDelete
  64. itu yg formasi,,, corner kick na ajaib bukan mas ????

    ReplyDelete
  65. bos, gw udah download semua mega packnya yang 3, tapi kok ga bisa di ekstrak ya, mohon bantuannya.thanx.

    ReplyDelete
  66. bos, ada link download mega pack yang lain ga??? yang ane download pada ga bisa.thanx.

    ReplyDelete
  67. gan, semua megapack udh ane download dr yg 001 smpe 007 . trus filenya itu bukan .rar ya gan? terus bagaimana cara pakainya gan? thanks

    ReplyDelete
  68. @novelino : nggak belom nemu soalnya
    @musik : Download aja di mari http://blognyafootballmanager.blogspot.com/2010/11/facepack-untuk-football-manager-2011_21.html

    ReplyDelete
  69. fm.exe has encountered a problem and needs to close bla bla bla

    itu kira kira kenapa ya

    ReplyDelete
  70. gan mau nanya knapa pas mulai fm loading nya lama banget and ngulang ampe 4 kali loading kata" nya pas mulai nya...........

    mohon bantuannya.........

    ReplyDelete
  71. @kuing merah mpe bedarah : lah bukannya begitu yah,,,

    ReplyDelete
  72. mw tanya caranya biar isa kasih penontonya gmna soalnya di fm 2011 gak penontonya

    ReplyDelete
  73. misi gan, ane mau nanya hehehe
    ane agak bingung yg buat facepacknya, ada banyak gt gan. misah2 jd njelimet anenya hehehe ada ga ye gan facepack yg lengkap langsung atau yg reccomended lah gt gan?
    ditunggu balasannye gan
    hatur nuhun

    ReplyDelete
  74. permisi gan..

    ane mau tanya ne.. ane baru bl dvd FM 2011 copyan, ane uda install di laptop ne, trs pas udah install semua. pas ane buka FM nya ada muncul ERROR : Football manager 2011 is already running. maksudnya apa?? kasih info donk.. gmn ane bisa install n bisa maen.. pliz.. Thx.. ^^

    ReplyDelete
  75. @ockiyk : dari pada yang semua mending nyicil gan, soalnya aye pernah posting yang megapack eh pada koment yang part 3 crash,, yah mending download yang pecahan aka ketengan

    ReplyDelete
  76. @anonim : tinggal masuk menu preferences>display & sound> checklist show stadium deh,, mudah kan???

    ReplyDelete
  77. bos q mw tanya tentang run from deep ?????

    ReplyDelete
  78. gan , kok fm 11 saya gak ada penontonnya ? padahal udah checklist show stadium , mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete
  79. nanya ya, kemaren gua beli cd fm 2011 yang rusia. trus bisa di install plus dimaenin sebentar. eh tiba2 ga brapa lama dia minta cd, udah gua masukkin tetep aja ga bisa dimainin. tolong kasih masukan yak, makasih

    ReplyDelete
  80. haha, FMRTE buat ngedit pemain gan !

    ReplyDelete
  81. Bro handi numpang nanya nih,sebenernya spec pc saya bisa buat main fm2011 apa ngga,ini spec pc saya:
    Processor:2,53 GHz
    Graphic:intel(R) GMA 3100 express chipset familly
    Ram:1gb
    Mohon pencerahannya.sebelumnya makasih

    ReplyDelete
  82. gan mau tanya nih, waktu lagi main terus nge klik pemain tiba2 jadi eror ga bisa main terus keluar, udah coba di install ulang tapi tetep kaya gitu waktu klik pemain, kenapa ya ? jadi ga bisa main nih ane gan, thx ya

    ReplyDelete
  83. gan koq di fm 11 trainingnya gak ada set pieces ya? jadi kalo mau buat latihan crossing, penalty, free kicks, dll pake apa ya trainingnya? biasanya di fm 10 kalo mau latihan crossing, penalty, dll kan di latihan set pieces... tapi di fm 11 set piecesnya ilang... tolong bantuannya ya.. thanx...

    ReplyDelete
  84. gan ini kenapa ya

    "fm.exe has encountered a problem and needs to close. We are sorry for the inconvenience."

    ReplyDelete
  85. gan bagi file taktik sm training schedules yg yahud donk? kalo berkenan tolong kirim ke email saya ya.. cyclone_9@yahoo.com ,,,,,,tolong ya gan... maaf ngerepotin gan... manager muda butuh bimbingan......

    ReplyDelete
  86. bro w pgn nanya neh...gw bkin facepack manager buat di fm 2011...yg agan ksi tu dr fm 2010....pa brfungsi d fm 2011 ??

    ReplyDelete
  87. gan mau nanya nih,buat download fm 2011 butuh waktu berapa lama sih?
    thx gan

    ReplyDelete
  88. gan cara utang transfer pemain gmna????kayak nyicil gtu..kog dipilhannya ga ada ya???kudu jawab neh....thx

    ReplyDelete
  89. gan klo download fm 2011 gratisan g demo dimana??
    minta linknya!!!

    ReplyDelete
  90. gan, saya maen fm 2011, ko sekarang di Attribute pemain munculnya bar warna gt sih, sebelumnya di attribut pemain muncul angka (9, 15 dsb)...? gimana ya biar balik lagi jadi angka??
    kalo bar warna susah juga lihat skill pemain

    ReplyDelete
  91. mau nanya dong, kan itu ada download an wonderkid..
    nah gw udh download tu, itu datanya ditaro dimana y ntar ?

    ReplyDelete
  92. @anonim : pasang C:\Documents\Sports Interactive\Football Manager 2011\*shortlists (untuk shortlists pemain, biasanya kalo dapet format berupa .slf)
    *=buat folder kalo gak ada

    @anonim : jangan checklist show graphical atribut in profile
    @anonim : di google banyak gan

    ReplyDelete
  93. gan , fm 2011 ana gak ada penontonnya , pdhl udah checklist show stadium, mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete
  94. @ anonim : bro, ente pernah ngalamin masalah pas klik profil pemain trus jadinya malah keluar kan? g jg sama neh ngalamin..padahal pertamanya mah kaga apa2..baru sekarang ini aja neh sampe sekarang jg masi gt walau uda diinstall ulang..mohon pencerahannya bro...thx..

    ReplyDelete
  95. gan gue mw tnya pacth 11.1.1 download dimna???
    and cara ngistalanya gmna gan...

    terima ksih gan

    ReplyDelete
  96. keunggulan pact 11.1.0 dengan 11.1.1 ap??
    apakah ad perubahan di pemainya???

    ReplyDelete
  97. bos... q baru install FM 2011. Tpi koq pas pertandingan ga ada tribun dan penonton'a. Gmna cara spaya isi tribun dan penontonnya???
    mohon saran...
    thx...

    ReplyDelete
  98. mas handy, kata mas patch 11.1.1 itu crash ya ? kira2 di tahun brapa terjadi crashnya ?

    ReplyDelete
  99. Salam kenal Gan.. mo nanya klo mo nambah kuota LCA buat tim indonesia gmana caranya? Ane dah utak-utek editornya g bisa2..

    ReplyDelete
  100. salam kenal gan.. mo tanya, agan main fm kok bisa cepet banget??
    beberapa hari saja sudah 1 musim selesai...
    bagaimana caranya?? atau ada faster gameplay-nya??
    mohon pencerahannya...thx.

    ReplyDelete
  101. Gua ada kok Gambarnya buat yang ga ada penonton...
    Checlist aja 1.show backround pictures
    2.show stadium
    3.show crowd
    trus show Out side scene...
    Coba aja deh Pasti gambar penontonnya kliatan...
    guaa dulu juga ga ada pnonton,, otak atik ada deh akhirnya...
    silahkan mencoba!!!!

    ReplyDelete
  102. alow lam kenal semua...aq Internisti u/ yg ngerasa maen club inter>> perasaan gw maen Milito ga mandul tuh malah dia top score ma eto'o..aq pake formasi 4-3-1-2...

    ReplyDelete
  103. mo nanya download FM Genie Scout buat Fm 2011 dimana yaa

    ReplyDelete
  104. @ andre wkt itu gw jg pernah ngalamin kayak gitu jd klik profile pemain trus tiba2 exit. trus skrg gw coba pake patch 11.1 dan berhasil

    ReplyDelete
  105. Gan,
    caranya pake editor FM2011 gmn ya?
    ane mau munculin n mainin AFF Cup, tapi kok gak bisa.

    ReplyDelete
  106. @anana : untuk fm 2011 belom rilis gan
    @jojo : maksudnya gimana tuh gan??

    ReplyDelete
  107. maksudnya gini gan. AFF Cup khan gak ada tuh di FM versi asli, kalaupun ada cuma sebatas history dan tidak ada kompetisinya.
    nah ane pengen AFF Cup ada dan bisa dimainkan (additional competition) kalau misal aku pake timnas.
    aku dah coba utak atik pake editor bawaan FM2011, tapii gak bisa2.
    gmn ya?

    ReplyDelete
  108. mau tanya,aku pake MU udah musim ke-dua. nah pas musim ke-dua aku beli edin dzeko,sampe sekarang baru bikin 1 gol. gimana caranya biar dzeko mainnya efektif? ada saran? apa harus dijadiin target man?

    ReplyDelete
  109. doonape bertanya.......
    gan numpang tanya ya, aku lagi berinovasi dengan tiga centre back, dalam nyerang sih mantep banget. posessionx juga top. tapi masalahnya kalo udah diserang lewat sayap.... alamt tuh. apalagi forwardx lawan licin bgt, wahhh bisa kebobolan banyak gan. gimana ngatasin serangan lewat sayap dengan tiga centre back?
    tolong pencerahannya gan. baru kali ini aku nyoba formasi kayak gini.
    ditunggu ya agan yang cakep..

    ReplyDelete
  110. Bos mw naya dah,,,, untuk bkin kompetisi piala AFF pke FM Editor gmn ya... masih ga ngerti nih.
    mhon pencerahan na ya...

    ReplyDelete
  111. @anonymous: thx bro..sukses sarannya..

    ReplyDelete
  112. mo tanya suhu..
    gw uda beli DVD bajakan FM 2011, trus kok di DVD isinya
    Crack& patch, Trus ada Win Rar Part 1-6...
    disini kebetulan gak ada petunjuknya cara installnya...
    Mohon Pencerahannya SUHU...thx

    ReplyDelete
  113. udh update fm 2010 ke 10.3 tp cracknya blm dapet...di mna sy bisa dapet crack yg bagus..krn yg ada di sini udh sy coba pas download cm ampe 93 % comp lgsg hang....

    mhn pencerahannya link-link utk crack 10.3 fm 2010 nya.. mksh

    angga

    ReplyDelete
  114. @angga cari aja di google bnyk kok

    ReplyDelete
  115. numpang ngasi info bro buat masalah "insert cd" abis install patch; coba ini deh gan http://www.kaskus.us/showpost.php?p=311755704&postcount=5034

    ReplyDelete
  116. nih cara taktik ngutang : trgantung finansial tim tsb seh..misal tawar pastore 5 jt trs d tambah appereance fee ky after league appearances klik yg 50 games dan d bayar 40 jt....ane sukses musim prtama pke milan dan dpt pastore

    bwt admin : gne gan ane ud otak atik configny soal poto propil ane yg ilang...ud d sesuain ID ny...tpi g ngefek jg...tpi d kmputer tmen ane brhasil...tu gara2 knp y ??...tmen ane jg pada g sanggup mngenai hal ini...apakah PC ane brmasalah ??

    ReplyDelete
  117. @anonim : mungkin id nte yang beda ma id temen nte,, coba cek dulu gan id nte

    ReplyDelete
  118. gan ada yang maen liga online g? klo ada mau gabung dong

    ReplyDelete
  119. @anonim : liga online bisa cek di sini http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3294289
    yang maen anak kaskus semua

    ReplyDelete
  120. doonape bertanya.......
    gan numpang tanya ya, aku lagi berinovasi dengan tiga centre back, dalam nyerang sih mantep banget. posessionx juga top. tapi masalahnya kalo udah diserang lewat sayap.... alamt tuh. apalagi forwardx lawan licin bgt, wahhh bisa kebobolan banyak gan. gimana ngatasin serangan lewat sayap dengan tiga centre back?
    tolong pencerahannya gan. baru kali ini aku nyoba formasi kayak gini.
    ditunggu ya agan yang cakep..

    gan jawab donk.... ane dah tanya dua kali nihhh. plissss

    ReplyDelete
  121. pake 3 bek yah,, trus sayapnya pake wing back apa attacking attacking midfielder right/left ?? kalo bisa pake yang wing back aja,, formasi bertahan jadinya..

    ReplyDelete
  122. knapa yah .. install FM 2011 di laptop HP mini gak bisa di mainkan ...
    running tapi kagak muncul muncul game nya .. kalo dilihat di task manager windows, tidak ada running tapi di proses nya ada...

    kalo saya install di laptop acer biasa .. bisa ... heran ... apa yang salah yah ? ada punya pengalaman ??

    ReplyDelete
  123. soal foto profil...ud d samain ID ane k configny ttp g ngefek...ap sistem komputerny yg error, ap sistem FM ny yg error ??

    ReplyDelete
  124. @anonim : mungkin, taro foldernya yang salah,, kalo sistem sih ane gak begitu tahu gan

    @edogawa2000 : coba install dulu skin buat notebook cek disini http://www.fmscout.com/i-1028-Netbook-skin-for-FM-2011.html

    ReplyDelete
  125. striker bagus yang memiliki shoots with power biasanya akan memberikan perbedaan dalam pertandingan,,,bila tim sedang kalah ataupun sedang seri,,makanya sebisa mungkin striker yang mempunyai finishing bagus kalo bisa mempunyai preferred moves shoots with power,,,tapi itu dy gmn caranya yaa di private chat-preferredmoves-finishing moves nya pilih yang mana yaa?

    ReplyDelete
  126. Bung Handy, gw dah donlot Football Manager 2011 Patch 11.2.1, trus udah gw apdet ke folder instalan gw, kenapa bahasanya balik lagi ke rusia yak??? trus patch english-nya jadi kagak berfungsi di menu Preference/.../language.
    Mohon jawabannya...

    ReplyDelete
  127. gan, mau nanya dong...
    cara biar ngatur bek blakang supaya lebih agresif ngambil bola gmn y...
    bek ane sering bgt nih ngelepas bola gitu, jadi kyk ngliatin musuh doang klo lg bawa bola..
    udh gt klo counter attack pada bengong aja bisanya...jd kesel sendiri kan...

    pdhl udh ane utak atik dr player instruktur, ane bikin tight marking, man marking, dll tp tetep aja dodol...

    tolong pencerahannya y gan...

    ReplyDelete
  128. @ayken ; finishing aja gan,,
    @anonim : nte pake patch yang eng apa yang rus??? kalo nte punya fm yang eng yah pake eng,, kalo rus yah pake rus
    @mr.ledds : beknya atur dulu gan,, apakah tuh pemain skillnya gak mumpuni untuk jadi bek

    ReplyDelete
  129. bro run from deep tu apa,flot croos??
    tolong penjelasanya..

    ReplyDelete
  130. gan kan gue abis install patch yg 11.21 trus main pas main ada tulisan unable to find football manager disc make sure its in drive, padahal kmrn sebelum di patch bisa gan, tolong bantu ya maklum ane newbie gan

    ReplyDelete
  131. trus gue udh ngepatch yg versi 11.21 cmn kok gak berubah ya versinya? ttp 11.1 ato emg harus pake crack yg khusus buat 11.21? kalo iya ada yg punya linknya gak?

    ReplyDelete
  132. @handy : udh gan, tp tetep aja...gw kan pake leeds udh promosi, eh gw udh punya uang banyak tp stiap beli pemaen gak ada yg mau, udh gt tim gw jadi lumbung gol mulu lg...padahal strategi gak ada yg salah..gmn y biar beli pemaen, pemaennya mau ? pdhl timmnya sih udh accept

    ReplyDelete
  133. gan gue main fm 2011 kan pegang indonesia nich, pas gw mau registrasi squad pemain kan ke national pool dl nech, nah pas gw klik national pool tu muncul ky gn gan. trus langsung error ktanya error dump crash...
    ni contohna gan....
    FM 2011 v11.0.0.151865 (2010.12.24 09.00.54).dmp
    tolong bantuannya....
    tingkyu........

    ReplyDelete
  134. boss dlm philosophy FM 2011...mksdny rigid ma fluid ap seh ??

    ReplyDelete
  135. gan, cara nawar harga beli pemaen biar dapet murah , dibawah NJOP nya, gimana ya? MU dana nya terbatas ni, pemaen inceran gw terbang nya ke city n chelsea muluuuu....

    ReplyDelete
  136. bos gw mo nanya knp gw ga bs install FM 2011...SAMPAI STEP AGREMENT...centeng accept...trs next....cm situ doang...gw tungguin sejam tetep ga ada reaksi...piye....tq

    ReplyDelete
  137. @adek : kasetnya error kali tuh?? beli dimana emangnya??? apa minjem temen kost-an??

    ReplyDelete
  138. @anonim : di rayu dong gan,, bikin dia kesemsem,, kaya ngerayu cewe gan,, hehehe apa perlu saya yang merayu

    ReplyDelete
  139. Gan gx ada ta kits patch untuk FM 2011 klu ada tlong di posting kan ya

    ReplyDelete
  140. HELP!!

    gimana caranya keluarin semua pemain di database FM11(tanpa ada yg t'hidden) saat NEW GAME tp "computer performance" N "game speed" tetap good??

    ReplyDelete
  141. agan handy tolong jwab pertanyaanku yg di cara mengatasi dump crash coz ada kasus baru nie...

    ReplyDelete
  142. @anonim : coba baca ini gan http://blognyafootballmanager.blogspot.com/2010/07/cara-menghindari-crash-dump-dan-tips.html

    ReplyDelete
  143. @anomim : gampang gan,, bikin speck kompi nte jadi speck dewa,, vga ma ramnya di gedein,, yah minimal 10 juta lah dijamin,, bisa maenin dan munculin semua liganya,, urang mah cukup maen di 3 liga sajo,, italia, inggris ma spanyol dah lebih dari cukup...

    ReplyDelete
  144. Gan gmn sih cara ngambil screenshot di fm seperti profile pemain, klasmen,dll, contoh spt punya agan http://www.mediafire.com/?1a86kbxq79vg1y2 n http://www.mediafire.com/i/?3cnj4c145aohd82
    thnx ya

    ReplyDelete
  145. mas .... adboard na blom ada ya buat yg FM 2011

    ReplyDelete
  146. lagi nih mas....
    beberapa waktu yg lalu saya tnya tt editor data di fm 2011 tp blum dapet jawaban.

    "fm 2011 mengikut sertakan fitur editor data. nah jarang sekali yg membahas tentang fitur tersebut, padahal apabila di manfaatkan dgan baik fitur tersebut dapat memberikan kesenangan tersendiri dalam bermain FM. dikarenakan keterbatasan ilmu saya tidak dapat memaksimalkan fitur tersebut. yg saya mw tanyakan. Gmna caranya menggunakan fitur tersebut dalah hal ini saya ingin membuat kompetisi baru (PIALA AFF)"

    terima kasih atas perhatiannya

    ReplyDelete
  147. Kulo nuwun Pak Guru,
    Apa di Football Manager itu ada suara komentator (penyiarnya), soalnya di punya FM 2011 saya kok hanya suara penontonnya aja. Gimana ya caranya? MOHON DENGAN SANGAT UNTUK DIBANTU - MAKLUM NEWBIE

    ReplyDelete
  148. @novelino : wah jujur gan,, gw malah gak bisa sama sekali kalo masalah membuat editor-editoran, ane dapet link nya aja buat editor,, misalnya dari forum sigames(forum resmi fm) fm base, ma di kaskus,, yah nyari2 gitu,,

    sorry gak bisa bantu banyak,, mungkin kalo nanti ketemu editor yang support ama piala aff nanti gw posting dah di blog,,
    makanya keep update aja blog gw,, pantengin aja saban hari,,,

    @novelino : adboard belom nemu gan

    ReplyDelete
  149. @oot : wah kan ceritanya kan di game nte jadi pelatih,, bukan permirsa yang nonton pemain dari televisi,, yah jadi gak ada suara komentatornya lah,, mungkin kalo soundchant pack ada,, cuma sama aja gan,, cuma nambah fariasi suara suporter doang,, kalo gw mah lebih enak maen fm sambil denger musik ketimbang denger suara2 surau dari penonton difm

    @anonim : untuk printscreen gampang banget tekan aja secara bersamaan alt dan f9 nanti cek printscreenya di C:\Documents\Sports Interactive\Football Manager 2011\screenshots

    ReplyDelete
  150. MATUR NUWUN atas jawabannya PAK GURU.
    sekarang saya mau minta tolong lagi, mohon maaf ngrepotin terus.
    Tolong saya dikasih mini image Football Manager 2011, atau kalau tidak ada dikasih tahu cara bikinnya dan pake software apa sekalian link download softwarenya yang full version dan free.
    MATUR NUWUN atas segala bantuannya.

    ReplyDelete
  151. bos jelasin tentang room from deep sma float cross...
    donk..
    plizz.z.

    ReplyDelete
  152. Waah ternyata banyak info yg didapat dari Blog ini,makasih share nya...saya penggemar berat sejak CM'95 sejak masih kuliah sekarang masih maen FM 2010, walau tinggal install yg FM 2011,hehehe

    ReplyDelete
  153. @OOT : wow saya bukan guru,, ip aja ancur masa mo jadi guru, mini image,, cari aja gan di google,, kalo di jelasin,, panjang gan,,

    @anonim : WOW hebat,, aye kenal fm aja pas fm 2008 gan,, kau udah dari tahun 95,, salam hormat dari newbie...

    ReplyDelete
  154. mas...gi mana mau cari liga timor leste, myanmar, cambodia, philipinnes dan laos???
    aku mahu lebih ceria apabila bermain FM 2011...

    ReplyDelete
  155. @HAFIZ : WAH ITU PAKE EDITOR, SAYA BELOM BISA EDIT EDITOR,, MUNGKIN BISA DITANYAKAN DI FORUM RESMI FM DI SIGAMES

    ReplyDelete
  156. mas handy tanya donk
    kok punya guwe gk isa main gan,tulisan ny begini " unable to find football manager 20011 disc, please make sure it is in disc" pilihannya retry ato quit "

    gmn cara ngatasi ny gan??
    mohon bantuan ny

    ReplyDelete
  157. oya satu lagi..klo pake virtual image..pake aj alcohol 210% ato aplikasi lain yg utk mount image...mount aja data iso nya kesitu dan biarkan tetep ter mount..jalankan game mudah"an masalah selesai

    ReplyDelete
  158. mau tanya nih, waktu lagi main terus nge klik pemain tiba2 jadi eror dan terus keluar, udah coba di install ulang tapi tetep kaya gitu waktu klik pemain, kenapa ya ? thx ya

    ReplyDelete
  159. mau nanya nih gan...
    kalo maen fm2011 tapi datanya di simpan di flashdisk bisa ga..??

    mhon blsannya...
    thx y..

    ReplyDelete
  160. @jerixz : maksudnya gimana tuh gan,, save-an nya yak,, kalo mau taro ambil save annya bisa di cek dimari C:Documents\Sports Interactive\Football Manager 2011\games ( cari yang formatnya .fm) itu disitu ada saveaannya

    ReplyDelete
  161. pengen nanya nih kok kaset football manager 2011 gue ga bisa terbaca di laptop gue padahal laptop gue masih baru dan spesifikasinya 4GB RAM dan 1GB VGA dan saya juga udah beli 2 kaset tapi keduanya ga ada yg bisa. mohon bantuannya

    ReplyDelete
  162. gan gue mau tanya fm genie scout tu apa???
    apa bisa di buat di fm 2011 n di Windows 7...

    trima kasih gan,,,
    mw pecerahnya

    ReplyDelete
  163. gan gue mau tanya fm genie scout tu apa???
    apa bisa di buat di fm 2011 n di Windows 7...

    trima kasih gan,,,
    mw pecerahnya

    ReplyDelete
  164. gan, mo nanya nich..gw maen FM2010 trus di update pke updetan transfer 2010/2011, tp kok Kaka'nya unavaible terus ya, pdhl skrg gw dah nyampe tahun 2013 maennya tp masih tetep unavaible,,pdhl gw udah diregister tiap musimnya

    ReplyDelete
  165. gan gue mau tanya fm genie scout tu apa???
    apa bisa di buat di fm 2011 n di Windows 7...

    trima kasih gan,,,
    mw pecerahnya

    ReplyDelete
  166. Gan,gw ada sdkt pertanyaan ni,tolong di bantu gan yg pada uda master^^gw pki team pescara italia:
    1.apa untung ruginya jika ada team/club yg beli pemain kita secara co-ownership??soalnya banyak ne yg nawarin pemain gw co-ownership..waktu gua terima deal co owner,gak bisa di jual tuh pemaen..gw mau jual karena gajinya gede,tapi kontribusinya minim..gimana gan??ada solusi..
    2.kalau kita mohon ke board,minta di kembangin facilitas youth,trus di terima..pembangunannya 1taon..apakah ada effectnya di budget transfer???soalnya team sekecil pescara,dana transfernya aja gak terlalu gede,takutnya permohonan facilitas youth di kabulkan,effectnya ke dana transfer gak ya gan???
    3.di profil manager kita,apa sich player bias??sm loyal player??soal nya cm 2 atrinut itu aja gw yg 40%
    yg laennya macam tactikal consistency sm approach hand sm level of discipline uda relatif gede..tolong gan penjelasannya??apa player bias itu ada pengaruh di pemaen gw yg kebanyakan pemaen dr luar team nasional italy??nah klu loyalty player itu apa??

    ReplyDelete
  167. gan gue mau tanya fm genie scout tu apa???
    apa bisa di buat di fm 2011 n di Windows 7...

    trima kasih gan,,,
    mw pecerahnya

    ReplyDelete
  168. gan cranya liat cur A sma Pot A gmanya ya gan..
    ane bingung gan..

    emng isa ya di fm pemain kita statusnya namabh nambah misalkan pace dlu 13 menjadi 15..

    mohon maaf klau tanyak2 melulu gan..
    czalnya ane msih newbie,,

    hehe

    ReplyDelete
  169. @anonim1 : menurut sumbernya di fmscout.com mereka belom rilis fm genie scoutnya gan,, nanti kalo ada ntar ane posting deh,, sabar gan

    @anonim2 : untuk update transfer kudu maen NEWGAME GAN

    @anonim3 : 1.untungnya ente dapet duit kalo misalnya tuh tim gak jadi beli tuh pemain, ruginya kalo tuh pemain jago n gak betah di klub nte dia bakal milih tim yang lebih gede

    2. pasti ngaruh gan, kan dananya di pake (kecuali man city mungkin)

    3. iya itu efek dari pembelian pemain, lw pake pemain asli apa asing, kalo lw sering beli pemain luar yah makin bekurang, tapi gak ngaruh gan itu cuma penilaian manager lain

    @anonim4 : bisa dilihat di scout, maksudnya kita nyryuh scout kita buat nyelidikin skill seoarang pemain, bagus n cocok gak bagi klub kita

    ReplyDelete
  170. mw tanya.
    ada masalah pas mau mulai match. hbs menu "Team Selection" pas tekan continue muncul tulisan "XML Parsing Error! not well-formed at line 1 highlights.xml". tekan OK muncul tulisan kyk gitu b'kali-kali. Setelah itu game bs lanjut smp "Teamtalk". Tekan continue lg malah game "CRASH DUMP" atau nutup sendiri.
    Awal kali game bisa main ampe half-time. Lalu game nutup sendiri.
    Ada yang pernah ngalamin kyk gini gak??
    Tlng bantuin nemuin solusinya nih.

    ReplyDelete
  171. Agan agan, ane minta tolong :berduka
    FM ane, engga bisa di Update Patch 11.1
    Sebelumnya ane udah ngupdate, dan berhasil. Tapi gamenya rada soak, ane jadi install ulang lagi. Pas udah install ulang, ane update tuh, tapi GAGAL :berduka

    Ane minta tolong gan, solusinya gimana nih yg bagus untuk ane dan FM ane.
    Please gan, help!!!

    :toast

    ReplyDelete
  172. @servant : yah uninstall lagi aja gan n update yang paling bru aja patchnya 11.2 dah keluar kok gan,,

    ReplyDelete
  173. gan.. ane update fm 2011 (rusia) ke 11.2.1 ni.. pas mau maennya..eh bahasanya cuma ada yang rusia..... file untuk bahasa englishnya gak terdetect...padahal file untuk bahasa englishnya sudah ada di languages (dalam folder fm nya). mohon pencerahan kawan2 donk...

    by midi

    ReplyDelete
  174. @handy 11.2 atau 11.2.1?
    ane udah punya 11.2.1, tapi ane takut update, soalnya yg ini mainnya udah ga pake kaset, ntar instal yg itu malah minta kaset -_-''

    ReplyDelete
  175. Bung Handy & para Manager skalian,,tlng bantu jwb pertanyaanku..
    Tlng nih,, belum nemuin solusinya..

    ReplyDelete
  176. @win : coba install ulang dulu aja gan install ulang kompinya,, kalo nte xp,, upgrade aja ke se7en

    ReplyDelete
  177. bung handy, mau nanya dong...
    biasa nya klo pake tim2 kecil yg udah2, kayak luton, sheffield gitu pake formasi brp y yg cocok ?
    soalnya gw pake leeds aja kykny susah menang, skrg aja udh di premier tp cuma jadi juru kunci & lumbung gol..
    mau beli pemaen tp gak ad yg mau jg..
    minta tips nya dong skalian sharing formasi yg ampuh..hhe

    ReplyDelete
  178. Bro mohon bantuan ni,,,
    Ak br instal fm2011 kemaren tros ak meanin sebentar td..
    Br skitar 1 jm maen langsung crashdump,, tros ak coba lg dan lagi2 hank(tapi bukan crashdump)..
    Padahal laptop ak uda memenuhi syarat:
    Core i3; ram 3gb; graphic 512mb; windows7
    Mohon bantuannya master..
    Sedih ni bro baru bentar maen

    *sebelumnya ak maen fm2010 kejadiannya gitu juga tapi setelah 3 bulan br terjadi
    Plisss help me
    kalo bisa kirim aj ke email ak: yuchangy@gmail.com

    ReplyDelete
  179. bro mw tnya bagaimana menambah pemain asing d ISL supaya pemain asing bsa lbh dri 10? cz kalo ISL cma maksml 5??? please
    helmy_scout@yahoo.com

    ReplyDelete
  180. mw tanya.
    bagaimana cara mengurus work permit??soalnya pemain ak ada yg blom dpt work permit jadi ga bisa d mainin nih..

    ReplyDelete
  181. @Anonim : kudu di edit tuh gan
    @anonim : di pinjemin keklub di negara lain yang punya izin work permit sampe dia bisa punya izin kerja,,, contoh MU minjemin ke antrep buat bisa dapet izin kerja

    @nasri : nih pertama update java, kedua jangan pake editor.

    @rff : download tactic saya dimari http://www.mediafire.com/?ibewdavm4l1wrbt

    ReplyDelete
  182. javanya uda update koq,, ak ga pernah pake editor n patchnya uda diinstall kmaren tapi masi aj crash dump..
    pliss help me,, uda kebelet maen fm ni
    thx

    ReplyDelete
  183. bung handy, klo match preparation itu fungsinya buat apa y ?
    klo buat tim kecil fokusnya kmana ?
    thx

    ReplyDelete
  184. gan, ngedit logo sama kits gmn caranya? saya lg maen pesik kuningan, tp logo sama kitsnya salah, makannya mau saya edit, mohon pencerahan

    ReplyDelete
  185. @rff : jadi kaya semacam belajar beradaptasi ma tuh tactic, jadi biar pemainnya udah gak kaget kalo di kasih tactic yang gak masuk akal

    @anonim : tinggal ganti xml nya di edit disamain ma id logo ma kitsnya

    ReplyDelete
  186. gimana cara naturalisasi pemain gan ? ane butuh cristian gonzales di timnas Indonesia nih.. reply asap plis :)

    ReplyDelete
  187. Bung Handy.

    Pertama2, makasih bnyk udah nyaranin instal ulang. skrng dah bs maen dgn normal.

    Tp, sy punya ksulitan lg soal be2rapa perubahan di fm11 ini. Terutama dlm hal pembelian pemain, individual training, private chat, kontrak dan gaji pemain maupun staff. Kesulitannya krn ada beberapa opsi pilihan yg kurang sy mengerti kegunaannya. Bung Handy tau tdk tips, hint, guide, atau artikel yg ngejelasin soal itu ataupun fitur2 tambahan baru di fm11 lainnya??

    Klo tinggi & berat pemain itu gak bs berubah ya?? Misal, kt beli saat usianya 16 thn. Apa klo udah b'tambh usia tinggi & berat jg b'tambh??

    Terakhir Bung, maaf klo bnyak nanya nih.
    Di laporan Scout biasanya ada di tampilin kekurangan pemain.Klo untuk pemain U19 bs gak kekurangan itu hilang dgn latihan intensif di bagian individual trainingnya atau ada cara lain??


    trima kasih Bung sblumnya,,

    ReplyDelete
  188. @anonim : coba baca blog sebelah deh nih http://footballmanager-story.blogspot.com/search/label/Database%20Editor , gw blom bisa ngedit kaya gituan

    @win : wah kalo itu gw juga sama, tapi lama2 terbiasa kok, pokoknya kalo agan udah maen dari fm 2009 mah gak begitu berubah bgt, untuk u-19 sering2 aja di maenin di tim utama

    ReplyDelete
  189. Bro Handy, nanya dong, FM2011 bisa dimaenin di ipad or itouch gak? kayanya seru maenin di ipad daripada harus nenteng2 laptop ..... kabarin yaa

    ReplyDelete
  190. gan fm ane gak bisa dibuka,, pas mau mbuka keluar tulisan cannot set up graphic system,, gimana cara baikinnya tuh gan,, dah ngebet banged pengen maen ni...

    ReplyDelete
  191. lanjutan,, dah berkali2 ane coba install ulang tetep gak mau gan,, ane pake' laptop Toshiba L645,, mohon pencerahan..

    ReplyDelete
  192. gan ane mo nanya neh knapa yah pas ane masang logo ama facepack kok seragam waktu tanding jd sama semua dari wasit ampe lawan punya warna seragam yng sama?

    mohon pencerahan

    ReplyDelete
  193. mau tanya
    saya main FM 2011
    pas lagi ngesave
    muncul " unable to found disc "
    padahal di dalam nya sudah ada disknya
    tp malah ga bisa tampilan lancar ketika ngesave data gamenya
    tolong bagaimana cara ngatasinya ???
    please gan
    :(

    ReplyDelete
  194. @anonim : pake mini image gan

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post